Penjelasan Ducting Exhaust dan Sistemnya

Mengenal Jenis Material dan Komponen Dalam Sistem Ducting Exhaust Dalam pembangunan sebuah gedung dengan ukuran bangunan yang cukup besar dan lebar, terdapat berbagai komponen dari dalam gedung tersebut yang perlu untuk diperhatikan. Biasanya, banyak orang yang hanya memikirkan tentang material bangunan yang dibutuhkan untuk menghasilkan gedung yang dapat berdiri dengan cukup kokoh dan kuat. Akan tetapi, tidak hanya untuk pembangunan saja yang perlu untuk dilakukan perencanaan secara matang, namun juga banyak faktor dan juga elemen lainnya yang perlu untuk dijadikan perhatian. Salah satunya yaitu yang berkaitan dengan sirkulasi udara yang berada di dalam gedung agar penghuni di dalamnya tetap dapat beraktivitas dengan baik karena udara yang dihasilkan mampu untuk mendukung hal ini.

Penjelasan Ducting Exhaust


Udara yang ada di dalam gedung biasanya akan membutuhkan sistem yang cukup rumit untuk dilakukan perencanaan dan juga perlu untuk dilakukan secara terperinci. Salah satu sistem yang digunakan yaitu lebih dikenal dengan nama sistem ducting. Dalam sistem ini sendiri terdapat banyak jenis material dan juga komponen yang perlu untuk diketahui. Termasuk pula memahami  tentang penjelasan ducting exhaust yang perlu untuk dijadikan sebagai pertimbangan. Kali ini akan dibahas mengenai topik ini untuk memberikan penjelasan yang lebih lanjut dan cukup mudah untuk dipahami.

 

Berbagai Jenis Material dalam Sistem Ducting

Sebelum mengenal bagaimana penjelasan ducting exhaust, terdapat berbagai jenis material yang perlu untuk diketahui. Material ini sendiri sifat dan jenisnya cukup beragam dan penggunaannya disesuaikan dengan udara yang ingin untuk disalurkan di dalam ruangan gedung. Material ini sendiri perlu untuk dipilih dengan pertimbangan yang cukup matang dan juga menimbang banyak faktor karena nantinya akan berpengaruh terhadap suhu udara dari awal penyaluran hingga sampai ke tempat yang ingin disalurkan atau juga tempat keluarnya dari udara tersebut. Oleh karena itu, penting untuk mengetahui apa saja material yang dapat digunakan untuk mendukung penggunaan dari sistem ini pada bangunan yang ada.

Untuk mengenal penjelasan ducting exhaust, sebenarnya jenis dari ducting ini termasuk ke dalam jenis ducting menggunakan baja lapis seng yang dipasang tanpa adanya isolasi. Artinya, penjelasan ducting exhaust adalah ducting ini digunakan untuk membantu mengeluarkan udara yang cukup panas yang telah terakumulasi di dalam sebuah ruangan. Dalam ruangan tersebut biasanya lebih banyak mengeluarkan udara yang sifatnya panas guna untuk menjaga kondisi ruangan agar tetap segar. Udara ini sendiri juga berfungsi agar ruangan tersebut tidak menjadi pengap dan tetap nyaman untuk digunakan oleh penghuninya. Biasanya jenis ducting satu ini digunakan pada area ruangan seperti dapur, toilet, lokasi parkir, dan juga sejenis lainnya.

 

Komponen yang Digunakan dalam Sistem Ducting

Setelah mengetahui penjelasan ducting exhaust, perlu untuk memahami apa saja komponen yang biasanya digunakan dalam sebuah sistem ducting yang ada. Tiap komponennya sendiri memiliki fungsinya masing-masing untuk membantu menjaga kesegaran udara yang ada dalam sebuah ruangan tertentu. Misalnya seperti komponen air handling unit atau juga disebut dengan AHU. Komponen satu ini digunakan untuk membantu udara agar tetap dapat bersirkulasi dengan baik sehingga kualitas udara yang ada tetap terjaga dengan baik. Biasanya bentuk dari AHU ini dapat ditemui seperti kotak yang terbuat dari metal dengan isinya seperti blower, pemanas, pendingin, peredam, penyaring udara, dan juga pengatur api untuk menghasilkan suhu yang panas.

Komponen lainnya yang biasa digunakan yaitu disebut dengan ducting. Komponen satu ini ada untuk membantu penyaluran udara yang telah dikondisikan oleh AHU ke dalam berbagai ruangan tertentu yang perlu untuk diberi udara ini. Biasanya udara ini digunakan untuk mengembalikan kondisi dari udara yang ada di dalam ruangan tersebut menjadi lebih segar dan juga nyaman untuk dihirup para penghuninya. Udara ini nantinya akan diproses kembali di dalam AHU untuk dapat disalurkan kembali ke ruangan tersebut.

Penjelasan terkait material penjelasan ducting exhaust dan komponen di atas dapat membantu untuk memahami sistem ducting yang ada. Hal ini dapat berguna dengan baik dalam perencanaan sistem sirkulasi udara yang ada di dalam gedung dan bagi anda yang membutuhkan aksesoris ducting seperti diffuser ac dan grille ac ducting redy di ami ducting.

Komentar (0)

Posting Komentar