Mengenal CFM Ducting Lengkap

Mengenal CFM Ducting dan Cara Sederhana Menghitungnya Dalam membangun sebuah gedung, banyak hal yang perlu untuk diperhatikan dan menjadi fokus agar seluruh ruangan yang terdapat di dalam bangunan tersebut menjadi nyaman dan aman untuk digunakan oleh penghuninya. Terutama pada gedung seperti perkantoran dan juga pusat perbelanjaan yang membutuhkan perencanaan secara matang karena jenis gedung yang dibangun juga cukup besar. Hal ini tentu saja akan berpengaruh terhadap udara yang berada di dalamnya sehingga perlu untuk melakukan perhitungan secara terperinci dan mendalam agar udara yang berada di dalamnya dapat terbagi merata.

Mengenal CFM Ducting


Salah satu jenis sistem yang seringkali digunakan pada jenis gedung dengan bangunan yang cukup luas dan besar yaitu dengan memanfaatkan sistem ducting. Sistem satu ini dipasang dalam gedung untuk memastikan bahwa setiap sudut yang ada mendapatkan udara yang sejuk dan terbagi secara merata untuk setiap ruangan yang ada. Perencanaan dari pemasangan sistem ini harus dilakukan dengan cukup teliti sehingga perlu untuk mengetahui cara menghitung CFM Ducting dengan tepat dan benar. Hal ini ada guna untuk menghindari terjadinya kesalahan pada pemasangan sehingga mengurangi adanya kemungkinan untuk terjadi kerugian.

 

  1. Penjelasan
  2. Langkah Menghitung
  3. Hitungan CFM Ducting

Mengetahui Apa Itu Ducting

Sebelum membahas lebih lanjut terkait dengan cara menghitung CFM Ducting, perlu untuk mengenal seperti apa sistem ini terlebih dahulu. Secara harfiah, ducting sendiri berarti sebagai penyaluran pipa. Jika dilihat dari arti penggunaannya, ducting merupakan bahan atau juga material yang fungsinya digunakan sebagai alat untuk mengarahkan atau juga memberikan saluran terhadap udara untuk diarahkan pada area tertentu yang diinginkan. Pemasangan pada sistem ini sendiri membutuhkan banyak pertimbangan yang perlu untuk pemasangannya, termasuk juga menentukan mana tujuan dari saluran tersebut yang ingin digunakan. Alhasil, perlu untuk dihitung seberapa besar ukuran dari diameter yang diperlukan untuk media sebagai penyalur sepanjang dari sumber media penyalurnya hingga udara dapat keluar dari pipa tersebut.

Saluran dari cara menghitung CFM Ducting ini sendiri biasanya digunakan untuk saluran seperti penyediaan udara, pengelolaan udara, dan juga exhaust air. Fungsi yang digunakan untuk ducting ini sendiri biasanya salurannya digunakan untuk sebagai pemanasan, ventilasi atau penyaluran udara, dan juga air conditioning atau juga disebut dengan HVAC. Pada dasarnya, saluran ini ada sebagai media untuk mengirimkan dan juga memindahkan udara. Cara ini digunakan untuk menjaga kualitas udara yang ada di dalam tiap ruangan gedung tersebut. Sistem ini dapat membantu untuk menciptakan kualitas udara yang dapat membantu penghuni di dalamnya untuk tetap dapat beraktivitas dengan baik di dalam lingkungan tertentu.

 

Langkah Mudah Menghitung CFM Ducting

Setelah memahami apa itu ducting dan seperti apa sistemnya bekerja, kali ini akan dibahas mengenai cara menghitung CFM Ducting dengan mudah. Terdapat beberapa langkah yang dapat digunakan untuk mengukur pemakaian dari sistem ini. Pada dasarnya, perlu untuk dilakukan perhitungan dengan tepat dan benar serta terperinci dan teliti agar sistem yang dipasangkan dapat bekerja dengan baik dan sesuai dengan fungsi yang digunakan.


Langkah yang digunakan dalam cara menghitung CFM Ducting diantaranya yaitu:

  1. Perancang perlu untuk menentukan jumlah dari titik supply yang akan digunakan pada tiap gedung. Titik yang ada ini berfungsi untuk mengetahui seberapa banyak nantinya saluran yang perlu untuk dipasang.
  2. Menentukan velositas dari udara yang akan digunakan dan dipasangkan pada tiap pipa saluran yang ada. Hal ini agar mengetahui kualitas dari pipa yang nantinya akan digunakan.
  3. Membuat gambaran terkait dengan sistem line ducting yang akan digunakan pada pemasangan gedung. Hal ini guna untuk mengetahui bagaimana saluran yang ada di dalam gedung tersebut dapat berjalan dengan baik.
  4. Menentukan seberapa besar dari ukuran ducting yang akan digunakan pada tiap titik supply yang ada. Hal ini penting untuk diketahui agar pembelian pipa dapat dilakukan dengan tepat.
  5. Menentukan jumlah dari volume udara yang diperlukan dari keseluruhan titik yang akan digunakan.
  6. Menentukan berapa besar dari ukuran tiap ducting yang akan digunakan berdasarkan dari hasil total volume udara yang akan digunakan dari keseluruhan penjumlahan tahapan sebelumnya.

Mudah bukan untuk menggunakan cara menghitung CFM Ducting. Ikuti langkah dengan benar agar mendapatkan ukuran ducting yang tepat.

Komentar (0)

Posting Komentar