Perhitungan Ducting AC

Ducting AC adalah salah satu pendingin ruangan yang ternyata sedang populer lho. Jenis AC ini memang sering diaplikasikan pada perkantoran, rumah, hingga restoran. Pendingin udara ini banyak diminati oleh orang-orang karena sangat efektif serta dapat menunjang keindahan dari interior ruangan. Namun tahukah anda cara melakukan perhitungan dimensi ducting AC? Untuk lebih jelasnya, berikut ulasan selengkapnya.

 

Perhitungan Ducting AC
Perhitungan Ducting AC

  1. Cara Hitungan Ducting AC
  2. Hal-Hal Perlu diPerhatikan

Melakukan Perhitungan Ducting AC

Mungkin nama ducting sendiri untuk sebagian orang masih terdengar asing. Padahal jika dilihat kembali bahwa AC ini dapat bekerja dengan efektif dan optimal. Tidak hanya digunakan untuk mendinginkan ruangan, namun ducting mempunyai fungsi lainnya yang tentu saja lebih efektif dalam menjalankan sirkulasi udara. Nah, untuk lebih memahami mengenai perhitungan ducting AC ini, maka anda perlu memahami apa itu ducting AC.

Ducting AC merupakan pendingin ruangan yang memanfaatkan komponen ducting yang berbahan seng BPLS maupun PU/PIR agar dapat menjalankan sistem kerja. Tentu saja fungsi utama komponen tersebut yaitu mengalirkan fluida dari lokasi satu ke lokasi lainnya. Dengan begitu dapat disimpulkan jika ducting sendiri merupakan jenis AC yang bekerja menggunakan bantuan blower atau fan unit agar dapat mengelola sirkulasi udara.

Bagaimana, sudah tahu kan apa itu ducting AC? Kini saatnya anda mengetahui perhitungan ducting AC. Sebenarnya melakukan perhitungan ducting AC cukup mudah kok, asalkan anda memang mengetahui caranya yang benar. Sudah pasti bahwa proses ini sangat penting untuk anda lakukan agar dapat menyesuaikan anggaran terhadap jumlah budget yang anda miliki. Nah, untuk lebih jelasnya, berikut cara melakukan perhitungan ukuran ducting AC seperti pada ulasan berikut ini.

Nah, kali ini akan diberikan contoh melakukan perhitungan ukuran ducting pada instalasi AC Central yang mempunyai kapasitas 10 PK serta volume 3100 CFM.

  • Langkah pertama adalah menentukan jumlah dari titik supply terhadap 10 titik.
  • Kemudian menentukan air velocity, yaitu dengan cara menentukan 1000 feet/menit.
  • Lalu menggambar line ducting.
  • Selanjutnya menentukan ukuran ducting pada tiap titik supply.
  • Kemudian menjumlahkan volume dari udara ducting, dari mulai 2 titik, lalu 3 titik, hingga seterusnya.
  • Dan yang terakhir yaitu menentukan ukuran ducting sesuai dengan hasil penjumlahan dari volume udara di tiap-tiap penjumlahan.

 

Yang jelas untuk ukuran ductingnya sendiri sangat tergantung oleh jumlah udara yang nantinya akan melewati ducting. Ketika pada ducting utama memiliki ukuran sebesar 24″ x 20″, hal ini berarti volume udara yang memang melewati ducting tersebut yaitu jumlah total udara di AC dengan kapasitas 10 PK. Yang memiliki volume udara sebesar 3100 cfm serta air velocity sebesar 1000 fpm.

 

Beberapa Hal Yang Perlu Diperhatikan Ketika Ingin Instalasi Ducting

Tentunya faktor utama yang memang mendasari untuk menggunakan AC jenis ini pada gedung-gedung adalah tingkat kenyamanan dan keselamatan yang sudah semakin terjamin. Terlebih lagi AC jenis ini telah memiliki komponen lengkap yang sangat berguna untuk memenuhi kebutuhan ventilasi, filtrasi, dan humidity. Namun sebelum dilakukannya proses instalasi, maka ada beberapa hal yang perlu diperhatikan. Untuk lebih jelasnya, simak uraian selengkapnya berikut ini.

 

Mengetahui perkiraan biaya

Ketika melakukan perkiraan biaya untuk instalasi ducting, maka caranya adalah menganalisa hasil hitungan dari ukuran ducting yang sesuai kebutuhan. Karena pemasangannya yang lebih rumit, maka anda perlu memperkirakan biaya tambahan lainnya yang mungkin saja dibutuhkan.

 

Perencanaan instalasi

Proses instalasi AC ini perlu dilakukan dengan cermat dan hati-hati. Maka dari itu, anda perlu membuat gambaran perencanaan dari instalasinya terlebih dahulu supaya memudahkan proses pengerjaannya.

 

Perawatan

Tentunya AC jenis ini perlu dilakukan perawatan secara berkala. Tujuannya adalah untuk memastikan kinerjanya agar tetap bagus walaupun digunakan dalam jangka yang panjang. Bahkan proses ini pun dapat mengantisipasi terjadinya kerusakan di sumber AC dan tentu saja ketika ducting mengalami kendala atau kerusakan bisa segera ditangani.

Demikianlah berbagai pembahasan yang perlu anda ketahui mengenai perhitungan dimensi ducting hingga beberapa hal yang perlu diperhatikan ketika ingin instalasi ducting. Semoga bermanfaat!

Komentar (0)

Posting Komentar